Minggu, 17 Juni 2012

MATERI DASAR RACANA DAN AMBALAN



AMBALAN DAN RACANA

Perkumpulan (Wadah) dalam Gudep Untuk Penegak disebut Ambalan sedangkan Pandega disebut Racana:

  1. Ambalan atau Racana  terdiri atas paling banyak 40 orang Pramuka.

  1. Ambalan Penegak dapat dibagi dalam satuan-satuan kecil yang disebut ‘sangga’ yang masig-masing terdiri atas 5 sampai dengan 10 orang Pramuka Penegak. Sedangkan Racana Pandega tidak dibagi dalam satuan-satuan kecil

  1. Pembentukan sangga dilakukan oleh para Pramuka Penegak sendiri.

  1. Tiap sangga menggunakan nama dan lambang sesuai dengan aspirasinya, dengan ketentuan tidak menggunakan nama dan lambang yang sudah digunakan oleh badan dan organisasi lain.

  1. Untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas, Ambalan Penegak atau Racana Pandega dapat membentuk Sangga Kerja .Sangga Kerja bersifat sementara sesuai dengan tugas yang harus dikerjakannya.

  1. Nama Ambalan/  Racana dapat mengambil nama Pahlawan, Tokoh yang berjasa kepada Negara atau nama lain  yang memiliki arti bagi Ambalan/ Racana itu.























SANDI AMBALAN-RACANA

Sandi Ambalan yaitu karangan atau ungkapan bebas berisi kode kehormatan dan gambaran pernyataan kata hati para pramuka penegak atau pandega di ambalan/ racana. Cipta, rasa, karsa dan cita-cita terasa bermakna bagi para anggotanya, maka dengan adanya sandi ambalan/ racana dapat menunjukan sikap positif dan kreatif dalam kehidupan sehari – hari bagi ambalan/ racana tersebut.

Menciptakan sandi :
  1. Sandi  ambalan/ racana diciptakan oleh penegak/ pandega dan diterima oleh  seluruh anggotanya.
  2. Penetapan  sandi ambalan/ racana dilakukan dalam musyawarah ambalan/ racana.
  3. Sandi  ambalan/ racana yang telah ditetapkan menjadi milik ambalan/ racana  dan ditentukan masa berlakunya.
  4. Sandi ambalan/ racana dibaca di depan anggota pada saat diperlukan, antara lain dalam rangkaian upacara pembukaan dan penutupan latihan. Demikian pula sesuai adat istiadat yang telah ditetapkan.
  5. Tulisan Sandi ambalan dapat ditulis dalam selembar kertas saja atau kain yang digulung, dan lainnya sesuai kreatifitas ambalan/ racana tersebut.
Berikut contoh Sandi Ambalan/ Racana :

SANDI AMBALAN/ RACANA

 KEHORMATAN ITU SUCI
 JAGA DIRI KARENA HARGA DIRI
 BERBUDI LUHUR MENOLONG SESAMA
 TAK KURANG AMAL KARENA KESUKARAN

SABDA PANDITA RATU
 SATU KATA DALAM KEBENARAN
 BERKETAPAN HATI SETIAP LANGKAH
 PANTANG MENJILAT DAN MENYERAH

WIRA ADHI TARUNA
 KSATRIA YANG SOPAN DAN PERWIRA
 TAK KENAL STRATA DAN KASTA
 MEMAPAH BAGI DUKA TANPA PAMRIH

BERSIAP UNTUK HIDUP DAN MATI DENGAN BAHAGIA
ITULAH KEHENDAK 
DAN CITA CITA AMBALAN/ RACANA KITA
SEMOGA TUHAN MERACHMATINYA.

Dengan demikian sandi ambalan/ racana merupakan gambaran watak dan pedoman kehidupan sehari-hari sebagai pegangan kehidupan di lingkungan di ambalan/ racana tersebut.
ADAT AMBALAN-RACANA

Adat ambalan adalah adat kebiasaan yang ditentukan dan ditaati oleh para Pramuka Penegak dan Pandega di Suatu Ambalan/ Racana. Adat memiliki tujuan yakni agar dengan adanya adat kebiasaan tersebut, para Pramuka Penegak dan Pandega dapat membiasakan diri menepati segala peraturan yang berlaku di tempat mereka.
 
Memahami adat ambalan/ racana:

  1. Proses pembuatan adat  ambalan/ racana dilakukan seperti pembuatan sandi ambalan/ racana  yaitu melalui musyawarah ambalan.

  1. Adat ambalan/ racana sebaiknya tidak usah tertulis, tetapi benar-benar dihayati dan dipatuhi oleh setiap anggotanya. Jika seseorang merasa telah melanggar adat yang berlaku bersedia menerima sangsi.

  1. Adat Ambalan / Racana harus mampu mendorong para anggotanya untuk bertindak disiplin., patuh dan mengarah kepada kehidupan bermasyarakat yang baik dan maju.

  1. Di dalam adat  Ambalan/ Racana harus terdapat ketentuan :
·         Wajib mengikuti  renungan jiwa sebelum dilantik sebagai Penegak Bantara.
·         Variasi dalam melaksanakan pelantikan, dapat menimbulkan kesan menyenangkan yang sukar dilupakan bagi yang dilantik, seperti misalnya : sebelum dilantik harus mencuci wajahnya, lalu membersihkan dengan handuk putih, lalu menghormat kepada bendera sebelum memasuki ruangan, sujud kepada orang tuannya sebelum dilantik dll.
·         Pada upacara kenaikan tingkat, dari Penegak Bantara ke Penegak Laksana ada pemberian pusaka sesuai dengan adat setempat, antara lain seperti : bamboo runcing beserta bendera merah putihnya, Panah beserta busurnya, keris dll. Pengadaan dan pemberian pusaka ini harus disertai maknanya.

  1. Adat ambalan/ racana merupakan adat kebiasaan di lingkungan ambalan/ racana yang merupakan tingkah perilaku yang unik dan positif, contoh :
·         Bagi yang terlambat  datang harus menyalami seluruh anggota yang telah hadir terlebih  dahulu,
·         Saling memberikan  salam saat bertemu dimana saja.
·         Pada saat pembacaan  sandi ambalan dalam upacara pembukaan/ penutupan latihan mengambil  sikap/ gerakan tertentu.
·         Pada hakekatnya Adat ambalan/ racana merupakan gambaran watak dan ciri khas kehidupan di lingkungan ambalan/ racana.





WARNA DAN ARTI KIASAN TKU

Warna dan Arti Kiasan Tanda Kecakapan Umum ( TKU )
 
1.      Kelopak bunga kelapa yang mulai merekah, menggambarkan pertumbuhan tanaman, mengibaratkan Pramuka Siaga yang sedang tumbuh menjadi tunas calon bangsa.
2.      kelopak bunga diletakkan miring, menggambarkan bunga kelapa yang selalu memperlihatkan sudut miring terhadap batang pohonnya, mengibaratkan keterikatan Pramuka Siaga dengan keluarga dan orang tuanya.
3.      Mayang terurai bertangkai tiga buah, menggambarkan bunga yang sudah mulai berkembang, indah dan menarik, mengibaratkan Pramuka Penggalang yang riang, lincah dan bersikap menarik, sebagai calon tunas bangsa yang sedang berkembang, menggladi dirinya dengan jiwa Pramuka yang berlandaskan pada Trisatya.
4.      Mayang terurai yang mekar ke samping, mengibaratkan makin terbukanya pandangan Pramuka Penggalang, dan menerima pengaruh yang baik dari lingkungan sekitarnya.
5.      Bintang bersudut lima mengibaratkan Ketuhanan Yang Mahaesa dan Pancasila.
6.      Dua buah tunas kelapa yang berpasangan mengibaratkan keselarasan dan kesatuan gerak Pramuka Penegak dan Pandega, putera dan puteri, yang sedang membina dirinya sebagai mahluk pribadi, mahluk sosial dan mahluk Tuhan, menuju cita-cita bangsa yang tinggi, setinggi bintang di langit, untuk kemudian mengabdikan dirinya ke dalam dank e luar organisasi Gerakan Pramuka.
7.      Tanda Penegak Bantara, Penegak Laksana dan Pandega diletakkan di atas pundak kiri dan kanan, mengibaratkan pemberian tanggung jawab yang tidak ringan yang dipikulnya sebagai anggota Gerakan Pramuka dan kader pembangunan bangsa dan negara.
 
Arti warna:
 
1.      warna hijau melambangkan kesegaran hidup sesuatu yang sedang tumbuh.
2.      warna merah melambangkan kemeriahan hidup sesuatu yang sedang berkembang.
3.      warna kuning dan kuning emas melambangkan kecerahan hidup yang menuju ke keagungan dan keluhuran budi.
4.      warna coklat melambangkan kematangan jasmani dan rohani, kedewasaan dan keteguhan.











KEGIATAN – KEGIATAN PERTEMUAN PRAMUKA

PESTA SIAGA
WISATA SIAGA
PERSARI
PERSAMI

JAMBOREE
LOMBA TINGKAT
DIANPINRU
PERSAMI

RAIMUNA
PERANSAKA
PERKEMAHAN WIRAKARYA
PERTI SAKA
DIANINSAT
KPDK
MUGUS
MUSPANITERA

KURSUS INSTRUKTUR MUDA (KIM)
KURSUS INSTRUKTUR SAKA (KIS)
KURSUS ORIENTASI SINGKAT (KOS)
KURSUS MAHIR DASAR (KMD)
KURSUS MAHIR LANJUTAN (KML)
KURSUS PELATIH DASAR (KPD)
KURSUS PELATIH LANJUTAN (KPL)
KARANG PAMITRAN
LOKAKARYA
SEMINAR
DIKLAT – DIKLAT LAIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar